Program Unggulan: Mutabaah

Buku Mutaba'ah Siswa

Buku Mutabaah Siswa merupakan salah satu program unggulan kebanggaan MIS IT Al Uswah. Bahkan nama Mutabaah sendiri kini telah menjadi suatu brand tersendiri yang tak bisa dilepaskan dari Al Uswah. Dari program unggulan Buku Mutabaah Siswa inilah berbagai hal positif muncul, banyak perbaikan dalam diri siswa yang bermula dari buku Mutabaah ini. oleh karena itulah banyak sekolah maupun madrasah lain yang mulai menerapkan strategi serupa.

Berbicara mengenai asal muasal kata Mutabaah sendiri, ‘mutaba'ah’ merupakan sebuah kata yang diambil dari Bahasa Arab yakni taba'a, dimana ini dapat dimaknai ‘mengikuti’. Sehingga, maksud dari mutaba'ah itu sendiri adalah mengikuti apa yang menjadi tuntunan Nabi Muhammad Ṣallallāhu 'Alaihi Wa Sallam secara murni, tanpa mengurangi maupun menambahkan tuntunan yang telah dicontohkan Rasulullah Ṣallallāhu 'Alaihi Wa Sallam.

Indikator-indikator dalam Buku Mutabaah Siswa

Ada beberapa indikator yang menjadi poin dari buku Mutabaah Siswa. Indikator-indikator tersebut nantinya berisi tuntunan amalan dan kegiatan sehari-hari yang harus dilaksanakan siswa di rumah. Semuanya tentu bersumber dari Alquran dan sunnah nabi, seperti misalnya indikator sholat 5 waktu, sholat tahajud, shalat dhuha, adab kepada orang tua, pembatasan Android, dan lain sebagainya. Itu semua tak lain dan tak bukan sebagai upaya madrasah untuk selalu mengawal siswanya agar selalu berakhlaq Islami dimanapun ia berada. Berikut penjabaran singkat dari beberapa indikator tersebut:

1. Sholat 5 waktu

Indikator ini mengawal pelaksanaan sholat 5 waktu siswa di sekolah maupun di rumah. Orang tua bisa ikut memantau kedisiplinan putra-putrinya dalam hal ibadah wajib ini melalui pembubuhan paraf pada kolom yang tersedia.

2. Sholat sunnah

Ibadah sholat sunnah disini meliputi pelaksanaan sholat dhuha dan sholat tahajud. Ibadah sholat sunnah yang luar biasa ini turut ditanamkan sejak dini kepada diri siswa. Sekali lagi orang tua ikut berperan aktif dalam hal mengawal pelaksanaan ibadah tersebut di rumah.

3. Kemandirian

Dalam hal kemandirian, terdapat 5 indikator yang tercakup di dalamnya seperti merapikan tempat tidur, menyiapkan keperluan madrasah sendiri, membantu orang tua, mengerjakan PR, serta manajemen penggunaan gadget. Semua tak luput dari perhatian dan pengawalan pihak madrasah.

4. Adab Islami

Adab dan sopan santun juga menjadi fokus perhatian Al-Uswah kepada para anak didiknya, khususnya adab Islami. Disini siswa dibiasakan untuk melakukan kebiasaan sopan santun dimanapun ia berada seperti menjaga adab kepada orang tua dan orang lain,

Manfaat Positif Buku Mutabaah Siswa

Ada beberapa manfaat positif yang didapatkan dari penerapatan program unggulan satu ini. Manfaat tersebut jelas dirasakan oleh siswa, guru, dan wali murid sendiri. Sebagai salah satu media pengawalan yang efektif, buku Mutabaah siswa memiliki beberapa manfaat positif diantaranya:

1. Melatih kedisiplinan siswa

Siswa dibiasakan untuk bersikap disiplin dimanapun ia berada, baik di madrasah, rumah, maupun di tempat lain.

2. Membentuk karakter islami

Berbagai indikator yang terdapat dalam buku mutabaah memuat berbagai unsur karakter Islami yang coba dibiasakan pada diri siswa secara langsung dan tidak langsung.

3. Melatih kejujuran

Kejujuran siswa dan wali murid turut terimbas oleh keberadaan buku mutabaah siswa. Wali murid diharapkan untuk memantau dengan jujur pelaksanaan ibadah yang dilakukan putra-putrinya melalui pemberian paraf di buku mutabaah.

4. Menjadi salah satu bentuk pertanggungjawaban madrasah kepada orang tua

Salah satu bentuk pertanggungjawaban moral madrasah di bidang pendidikan akhlaq keislaman kepada anak didiknya adalah keberadaan buku mutabaah ini.

Sebagai salah satu produk program unggulan MIS IT Al-Uswah, buku mutabaah siswa menjadi salah satu program kebanggaan yang paten namun tetap terbuka untuk diduplikasi oleh berbagai lembaga lain karena pengamalannya sama dengan berbagi jariyah kebaikan. Semoga buku mutabaah siswa selalu mampu menjadi salah satu ikhtiyar pengawalan akhlaq islami generasi Islam masa depan.


0 Komentar