Ekstrakurikuler: Pramuka

Backpacker: Pengukuran Pohon (2023)

Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana. Pramuka di Indonesia merupakan salah satu organisasi kepanduan tertua di dunia, didirikan pada tanggal 14 Agustus 1961. Kegiatan pramuka di Indonesia meliputi kegiatan belajar, berlatih, dan berbuat yang berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia.

Gelar Ukhuwah Penggalang

Pramuka menjadi salah satu kegiatan ekstrakurikuler wajib di MIS IT Al Uswah Pasirian. Kegiatan ini dilaksanakan satu kali dalam satu  minggu. Manfaat mengikuti pramuka yaitu dapat melatih kemandirian siswa, tanggung jawab, disiplin, berani, belajar menyelesaikan masalah serta mencintai sesama manusia dalam lingkungannya. 

Persiapan Backpacker 2023

Ekstrakurikuler pramuka di MIS IT Al Uswah Pasirian diikuti oleh pramuka siaga yaitu kelas 2 dan 3 serta pramuka penggalang yaitu kelas 4,5 dan 6. Adapun agenda pramuka tahunan yang dilaksanakan di sekolah kami yaitu PERSARI (Perkemahan Satu Hari) dan Backpacker. Persari diikuti oleh anggota pramuka siaga, kegiatan ini meliputi KIM (permainan yang menggunakan Kemampuan Indera Manusia), memanah, berkuda dan outbond. Sedangkan, Backpacker diikuti oleh anggota pramuka penggalang khusus kelas 6, kegiatan ini meliputi, outbond, berkuda, memanah serta tantangan untuk menyelesaikan misi.

Backpacker: Jelajah Medan - Pantai Watu Pecak (2023)
Backpacker: Berkuda - Pantai Watu Pecak (2023)

0 Komentar