Ekstrakurikuler Al Banjari

Ekstra Al Banjari sebagai Ajang Penyaluran Bakat-Minat Siswa di MIS IT AL USWAH

Ekstra Al banjari merupakan seni musik islami dengan peralatan khas berupa terbang. Ekstra ini dilaksanakan satu minggu sekali, yaitu pada hari Jum’at. Keseruan menjadi tim al banjari menarik hati para siswa untuk berlomba mengikutinya. Namun, porsi dari masing-masing tim hanya 11 personil maksimal.

Dengan jumlah personil yang sangat terbatas, membuat kami para dewan guru harus mengadakan seleksi pada banyaknya siswa yang minat dengan ekstra al banjari. Adapun seleksi dikhususkan untuk siswa-siswi kelas 4 dan lima dengan menghadirkan pelatih secara langsung. Seleksi ini membutuhkan waktu 2 hari dengan target membentuk 2 tim al banjari yang terdiri dari 22 siswa/siswi.


Personil yang dibutuhkan dalam setiap tim adalah 2 orang vocalis, 3 orang backing vocal, 4 orang penabuh terbang, 1 orang penabuh tumbuk dan 1 orang penabug bass/jidor. Dan keseruan pun terjadi disini, dimana setiap siswa berusaha menampilkan bakat terbaiknya di depan pelatih. Bersaimg dengan 5 kelas yang berkisar sekitar 110 siswa.

Adapun implementasi dari ekstra al banjari biasanya digunakan sebagai opening ceremony hari besar Islam, seperti Maulid Nabi, Isra’ Mi’raj dan lain sebagainya.









0 Komentar